Gurah Giriloyo : Dari Apa Obatnya?


Gurah Giriloyo sangat efektif mengobati berbagai macam penyakit, terlebih yang berhubungan dengan saluran pernafasan seperti : Sinusitis, polip, amandel, asma, alergi dingin, sering pilek, sering pusing dan bermacam penyakit kronis.
Dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh bagi perokok berat dan penghirup polusi radikal bebas.



Gambar. Menuju Giriloyo KKN UGM 2011

Mungkin anda hendak berobat Gurah tetapi masih belum tahu banyak tentang Gurah Giriloyo?
Banyak pengunjung blog ini menanyakan kepada penulis mengenai obat apa yang digunakan oleh tukang Gurah Giriloyo? Lalu bagaimanakah prakteknya? Apakah ada pantangan yang kalau dilanggar dapat membahayakan pasien?

Berikut penjelasannya:


- Gurah Giriloyo adalah pengobatan yang hanya menggunakan akar sirgunggu yang dicuci dengan air kemudian ditumbuk untuk diambil sarinya.  Sama sekali tidak menggunakan campuran bahan lain yang berbahaya bagi tubuh

- Kemudian dalam prakteknya seorang pasien diminta tidur terlentang, sementara tukang Gurah berdoa kepada Alloh SWT sambil membawa obat gurah yang akan diteteskan melalui lubang hidung untuk ditelan, kemudian setelah itu pasien diminta berbalik posisi menjadi tidur tengkurap. Selang beberapa saat lendir kotor menyerupai dahak yang menjadi sumber beberapa penyakit akan keluar terus menerus selama hampir satu jam. Supaya lebih rileks, badan anda akan dipijit oleh tukang pijit dari warga sekitar.

-  Gurah Giriloyo adalah pengobatan yang benar-benar sangat alami. Jadi Gurah Giriloyo sangat aman dan tidak ada pantangan yang aneh-aneh. Mungkin pasien hanya diminta menghindari minuman yang terlalu dingin (Es) atau makanan yang pedas-pedas untuk sementara, sekitar 2-3 hari.Untuk menjaga kondisi tenggorokan anda setelah mengeluarkan lendir begitu banyak.

Banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan nama "Gurah Giriloyo" yang terkenal untuk kepentingan bisnis semata. Gurah yang asli Giriloyo adalah pengobatan alami dari akar, yang pertama kali diperkenalkan oleh ulama besar yang begitu dihormati dari kampung Giriloyo dan begitu berpengaruh di daerah Yogyakarta dan Jawa. Beliau adalah Alm. KH. Ahmad Marzuqi, pendiri puluhan sekolah Islam dan pondok pesantren di Yogyakarta.

Demikian sedikit penjelasan dari penulis, sekarang anda tidak perlu ragu lagi apabila hendak berobat Gurah sebagai jalan ikhtiar untuk kesembuhan penyakit yang anda derita. Semoga anda lekas sembuh. Jaga kesehatan untuk bekerja dan beribadah.

Salam.

Untuk informasi warisan budaya Gurah dan Batik Giriloyo
dapat menghubungi :

Said Romli
Pemuda Kr.Taruna Giriloyo
Pemerhati Budaya Lokal 
GSM: 087738621990 atau 085725950033




1 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau boleh tau Biayanya berapa ya..???