Desa Wisata Gurah Giriloyo, Seni Membersihkan Saluran Pernapasan

kekotaku.com
Desa Wisata Gurah Giriloyo. Gurah adalah pengobatan khas Giriloyo Imogiri yang sangat mendunia. Meskipun tradisional namun metodenya diakui oleh ahli medis di banyak negara. Gurah dapat menyembuhkan asma, sinus, pilek menahun, sesak napas dan meringankan pernapasan bagi perokok, dan berbagai macam penayakit lain. Dan badan anda pun akan menjadi sehat dan bugar kembali.

Gurah adalah pengobatan tradisional yang bertujuan mengeluarkan lendir dan kotoran yang mengganggu saluran penapasan. Lendir dan kotoran akan keluar melalui mulut dan hidung sehingga saluran pernapasan akan lega dan segar kembali. Pengobatan ini juga sangat bermanfaat untuk membantu pernapasan yang berat akibat kebiasaan merokok. Pada mulanya gurah memang dimanfaatkan oleh para Qori(pembaca Al Qur’an) ketika mereka akan bertanding dalam Tilawatil Quran(lomba membaca Al Quran indah) dan para pesinden(pelantun tembang tradisional Jawa).



Giriloyo adalah pusat gurah yang memang sudah sangat terkenal. Menurut Pak Haji Ali Sarpan, salah seorang ahli gurah Giriloyo, gurah hanyalah media untuk menyembuhkan penyakit sedangkan untuk kesembuhannya diserahkan kepada Allah SWT, sehingga setiap proses gurah selalu didahului dengan doa. Gurah memang unik, tanaman Sirgunggu (clerodendron serratum) sebagai bahan baku utamanya tidak tumbuh di sembarang tempat. Di daerah Giriloyo Imogiri ini, Sirgunggu tidak hanya tumbuh tetapi juga bisa benar-benar berkhasiat.

Gurah Giriloyo juga sangat dikagumi oleh para dokter karena metode penyembuhannya yang unik, bahkan beberapa dokter luar negeri juga pernah mengadakan riset tentang gurah. Begitu cairan sirgunggu dimasukkan melalui lubang hidung seorang pasien dalam waktu singkat lendir kemudian keluar. Pasien kemudian dipijit-pijit bagian tengkuknya agar lendir lebih mudah keluar.

Selain orang dari berbagai penjuru Indonesia, Gurah Giriloyo juga telah menyembuhkan orang-orang dari berbagai negara. Penyakit saluran pernapasan seperti, asma, sinus, pilek menahun, sesak napas, dapat disembuhkan dengan gurah. Untuk kesembuhan seorang pasien harus digurah 2 kali, tetapi bila penyakitnya parah bisa lebih dari 3 kali. Dalam 1 hari paling tidak ada 10 orang pasien, sedangkan hari yang ramai dengan kunjungan pasien adalah sabtu dan minggu. Praktek gurahnya juga sudah diliput berbagai media baik dari dalam maupun luar negeri.

Para ahli gurah Giriloyo umumnya tidak pernah mematok tarip untuk biaya gurahnya. Sesuai keikhklasan pasien, namun biasanya berkisar Rp. 75.000,- hingga Rp. 100.000,- .

Nah bagaimana, anda ingin sembuh dari penyakit saluran pernapasan, atau anda ingin pernapasan yang lebih lega dan lebih fresh?

Tidak ada komentar: