Gurah Giriloyo Imogiri, Sangat Baik Bagi Kesehatan Kita

Gurah Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta
Informasi lebih lanjut tentang warisan budaya desa Giriloyo.
Contact : 08572 595 0033. a/n Said Romli. email : zaid.room@gmail.com
RT. 01 Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta 55782.

The JakartaPost.com.
Jika Anda menderita sinusitis atau asma dan telah kehilangan harapan untuk menemukan obat, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengambil perjalanan ke dusun Giriloyo di Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Dusun ini sangat populer untuk gurah - perawatan kesehatan tradisional yang membersihkan saluran pernapasan atas, dan yang diyakini dapat menyembuhkan sinusitis secara efektif dengan biaya rendah
.
Gambar: H. Ali Sarpan santri langsung Alm. KH Marzuqi meneteskan sari akar sirgunggu ke hidung pasien Gurah.

Pengobatan, yang menggunakan ramuan herbal tradisional, termasuk akar tanaman Sirgungu (Cherodentum serratum), diyakini juga efektif dalam mengatasi masalah kesehatan seperti asma dan migren dan juga dikenal untuk memerdukan suara, sebuah klaim yang telah membuat banyak penyanyi tergoda untuk mencobanya.



Pengobatan gurah cukup sederhana: akar sirgunggu dan bahan-bahan herbal dicampur dimasukkan di hidung pasien sementara pasien dimita terlentang. Pasien kemudian berbalik/tengkurap untuk kemudian diteteskan sari-sari ramuan obat tadi.


Tidak lama setelah membalik/tengkurap, lendir mulai keluar dari mulut pasien. Ini diikuti dengan air mata, seolah-olah orang itu menangis, dan akhirnya, juga lendir keluar dari hidung pasien.


Tempat tidur pasien untuk pengobatan telah dirancang, dengan membuka tempat bagian kepala diletakkan, sebuah ember  yang diisi pasir/air ditempatkan di bawahnya untuk membuang lendir.


Ketika The Jakarta Post mencoba perawatan di klinik gurah Ali Sarpan di Giriloyo, campuran herbal terasa pahit. Jika tertelan, menyebabkan sedikit rasa sakit, meninggalkan rasa panas di hidung, mata dan telinga yang berlangsung sekitar lima menit.


Ali Sarpan mengatakan perawatan selama satu jam itu diyakini diperkenalkan oleh Syaikh Marzuki Romli. akhir tahun 1940-an. Pada saat itu, praktek ini digunakan untuk membantu Qari dan qariah – Penghafal Al Quran - di pesantren Syaikh Marzuki (pondok pesantren) untuk memberi mereka suara yang jernih dalam membaca Alquran.


Dia mengatakan syaikh Marzuki telah mengajarkan praktik ini ke tiga siswa - Ali Sarpan, H Hisyam dan Wajidi.


"Dulu aku menderita migrain dan merasa pusing ketika aku berdiri. Sejak saya memulai perawatan gurah, saya tidak punya migren lain," kata Mas'oed, pasien pengobatan tradisional.


Pasien lain, Irawan, mencari pengobatan gurah setiap kali dia tidak enak badan. Dia telah melakukannya selama empat tahun terakhir.


Sebelum mencoba perawatan, katanya, ia mengalami kesulitan bernapas dan sering menderita sakit kepala: Tapi sekarang, masalah-masalah tersebut telah terjawab dengan “Gurah”.


"Biaya perawatan tidaklah mahal ...  pasien hanya membayar apa yang mereka mampu," kata Irawan.


Dia menambahkan jika pasien punya uang, ia akan membayar Rp 100.000, tetapi jika tidak, Rp 50.000 sudah cukup.


Hal ini tidak hanya warga setempat yang mencari pengobatan gurah; banyak pejabat pemerintah, penyanyi terkenal dan asing juga mencoba obat tradisional.


"Penyanyi seperti Iwan Fals dan Arman Maulana telah mencoba perawatan di sini," kata Hisyam, salah satu praktisi gurah Giriloyo, yang telah berkecimpung dalam pengobatan  ini selama 17 tahun.


Dia mengatakan  banyak sekali pejabat pemerintah yang datang kepadanya untuk pengobatan gurah.


Hisyam pernah diundang oleh keluarga almarhum presiden Soeharto Cendana untuk melakukan pengobatan, dan sudah dua kali diundang mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.


Ayah dari empat anak ini mengatakan,  banyak juga pasien gurah asing dari Australia, Rusia, Swiss dan Amerika Serikat, yang sebagian besar untuk mencari pengobatan sinusitis.


Hisyam telah menerima banyak penghargaan, termasuk dari Dinas Kesehatan Yogyakarta, untuk jasanya dalam pengembangan obat kesehatan tradisional.


Sebelum menyelenggarakan pengobatan, praktisi pertama berdoa kepada Alloh SWT untuk meminta kesembuhan terhadap pasien.


"Pengobatan ini hanyalah sarana ... semua kesembuhan di tangan Alloh SWT," kata Hisyam.

Dari : The JakartaPost


Untuk Informasi yang benar mengenai Gurah Giriloyo hubungi :


SAID ROMLI

RT 01, Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta 55782

HP. 08572 595 0033

Tidak ada komentar: