Dimanakah Gurah yang Paling Baik?


Gurah pertama kali diperkenalkan oleh alm. KH Ahmad Marzuqi (1901-1991) adalah untuk pengobatan di lingkungan santri beliau di pondok pesantren di Giriloyo. Tujuan utama selain  pengobatan adalah sebagai sarana terapi penjernihan suara untuk para qori dan qoriah.

Setelah KH Marzuqi meninggal di tahun 1991,  praktis tidak ada lagi sosok yang menjadi tukang Gurah. Akan tetapi beliau telah mewariskan ilmu Gurah ke putera beliau dan beberapa santri kepercayaan beliau.
Kelak para santri kepercayaan beliau inilah yang akan membuka praktek dan mempopulerkan Gurah Giriloyo ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Putera-putera beliau sendiri tidak pernah membuka praktek Gurah untuk umum karena mejadi Ulama pengasuh dan pendiri beberapa Pondok Pesantren besar dan sekolah Islam di Yogyakarta sebutlah seperti PP. Nurul Ummah Kotagede, PP Ar Romli Giriloyo, PP Al Muna Giriloyo, MI - MA di Kotagede, Wonosari dll.

Apabila anda hendak berobat Gurah, maka saya sebagai penulis blog ini menyarankan " Pergilah ke tempat praktek Gurah santri dari Alm. KH. Marzuqi  " salah satunya di Pusat Gurah H. Ali Sarpan di desa Giriloyo.


Salah satu tempat Gurah yang sudah puluhan tahun praktek adalah "Pusat Gurah H. Ali Sarpan" di Giriloyo, selain beliau merupakan santri langsung KH Marzuqi, Gurah di tempat beliau relatif paling terjangkau. Karena beliau tidak mematok tarif, mungkin sebagai ancer-ancer saja untuk anda dari saya penulis, kemungkinan berkisar 100-an ribu rupiah. Karena  banyak pasien yang bingung apabila hendak memberi upah setelah selesai di Gurah.

Demikian penjelasan saya sebagai penulis blog dan pecinta budaya Giriloyo menanggapi banyaknya pertanyaan pengunjung yang hendak berobat Gurah akan tetapi masih bingung manakah tempat yang paling tepat untuk Gurah?.

Apabila anda membutuhkan informasi Gurah atau sekedar bertanya-tanya tentang Gurah dan Batik Giriloyo atau mungkin kesulitan menemukan tempat, anda bisa menghubungi saya, InsyaAllah akan selalu saya bantu.

Said Romli (Pecinta Budaya Giriloyo)
GSM: 085725950033 (IM3)
           087738621990 (XL)

Tetap Sehat dan Beribadah.
Salam.


Tidak ada komentar: